Info Otomotif Terkini

Mobil

3 Jenis Sparepart Mobil Yang Wajib Anda Ketahui

Perkembangan dunia otomotif di Indonesia beberapa tahun terakhir begitu pesat terutama dalam bidang  otomotif mobil. Produsen sparepart mobil saling berlomba-lomba memanfaatkan peluang tersebut. Berbagai merk ternama serta merk-merk baru bermunculan di toko online maupun offline. Jika Anda kurang cermat, Anda dapat tertipu dengan produk abal-abal yang dapat merusak mobil hingga menguras kantong Anda. Bagi Anda yang sudah berpengalaman mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah, tetapi akan terasa sangat membingungkan jika Anda masih pemula atau masih baru memiliki mobil.

Agar Anda tidak tertipu, kami akan ulas secara detail beberapa jenis sparepart mobil yang wajib Anda ketahui sebelum membelinya.

1. Sparepart Orisinil

Original equipment manufacturer atau OEM merupakan istilah yang digunakan untuk penamaan sparepart buatan pabrikan asli. Biasanya produk OEM memiliki standard kualitas yang bagus, karena melalui proses quality control yang tersertifikasi oleh ahli. Produk-produk orisinil biasanya diprduksi oleh negara asal manufaktur itu sendiri atau dengan menunjuk perusahaan di negara lain dengan persetujuan dan standar kualitas yang diterapkan oleh pihak manufaktur. Ciri-ciri sparepart yang orisinil memiliki kemasan yang bagus, tebal, desain yang menarik, bahan material berkualitas dan tahan lama, memiliki nomor seri yang jelas dan dapat Anda lacak, sparepart presisi, dan memiliki permukaan yang halus.

2. Sparepart Aftermarket

Jenis sparepart mobil selanjutnya adalah sparepart aftermarket atau sering disebut non pabrikan. Sparepart jenis ini diproduksi oleh perusahaan untuk kebutuhan pasar tertentu, misalnya dibuat untuk hobi custom mobil, balap, serta kontes modifikasi mobil. Meskipun jenis sparepart ini dibuat secara mandiri, tidak sedikit pihak aftermarket meminta izin lisensi kepada pihak manufaktur resmi. Bicara soal kualitas aftermarket, produk yang dibuat bisa saja seimbang dengan produk  OEM dan bahkan melebihi kualitas OEM.

3. Tiruan atau KW

Penggiat otomotif sudah pasti tahu dengan sebutan yang satu ini. KW adalah salah satu istilah yang sering Anda dengar dalam duia otomotif. Bisa dibilang serupa tapi tak sama, sekilas jenis sparepart KW sama dengan sparepart OEM. Tetapi jika Anda cermat, Anda dapat menemukan banyaknya perbedaan entah dari segi kualitas materil, hingga pengerjaan yang kurang rapi. Jenis KW biasanya dibagai menjadi 3 golongan, yaitu KW 1, KW 2,dan KW 3.

Penggunaan sparepart jenis KW ini tidak dianjurkan karena kualitasnya di bawah standard, dan dapat merusak bagian komponen mobil lainntya bila digunakan secara terus menerus. Sehingga sangat membahayakan keamanan serta kenyamanan Anda dalam berkendara.

Setelah mengetahui jenis-jenis sparepart mobil diatas, tentu Anda lebih selektif dalam memilih sparepart agar performa mobil Anda tetap nyaman saat digunakan. MobilKoreaPart.com merupakan salah satu toko sparepart mobil korea, dan mobil-mobil lain terlengkap dan terpercaya. Selalin menyediakan sparepart mobil, juga menyediakan beragam komponen variasi mobil yang Anda butuhkan.