Info Otomotif Terkini

Kesehatan

4 Obat Alami Kencing Manis

Mengkonsumi obat medis yang dilakukan terus menerus dapat menyebakan suatu ketergantungan. Untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil, tidak dipungkiri bahwa penderita diabetes mengkonsumsi obat medis secara berulang dalam jangka panjang. Perilaku seperti dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain pengobatan medis, penderita diabetes dapat mengkonsumsi obat herbal. Banyak penderita diabetes sembuh dengan kolagit. Sehingga dapat digunakan sebagai alternatif dari obat medis. Hubungan obat herbal dengan kencing manis sudah diteliti beberapa tahun terakhir. Obat herbal diklaim lebih aman daripada obat medis, dikarenakan komposisi alaminya.

Berikut merupakan berberapa obat alami yang dapat menurunkan kadar gula penderita kencing manis.

  1. Pare

Rasanya yang super pahit, membuat masyarakat beropini bahwa pare adalah sayuran yang pas dalam melawan kadar gula. Opini tersebut ternyata benar. Menurut beberapa jurnal medis pare terbukti dapat mengobati kencing manis. Dilansir dari “Journal of Ethnopharmacology” bahwa 2000 mg pare dapat menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Pada studi yang lainnnya, pare dapat meningkatkan penyerapan glukosa darah oleh sel.

Meskipun pare dan sayuran pahit lainnya dapat membantu mengendalikan kadar gula, Anda tetap harus tetap mengkonsultasikan kepada dokter untuk menghindari terjadinya deficit glukosa.

  1. Kayu Manis

Kayu manis memiliki bau yang harum, serta memiliki cita rasa yang khas. Rasa manis yang terdapat dalam kayu manis membuat rempah ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan permen.

Rasanya yang khas banyak digunakan oleh para penderita diabetes tipe 2 sebagai pengganti gula alami. Dikutip dari jurnal “Annals of Family Medicine” yang diterbitkan pada tahun 2013, kayu manis tidak mempengaruhi kadar hemoglobin A1c (HBA1c), serta berfungsi menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh, hingga dapat menurunkan kadar gula darah puasa.

Kayu manis juga tidak mengandung karbohidrat atau termasuk gula alami 0 kalori, sesuai pernyataan Grace Derocha, RD, CDE, seorang pakar kesehatan dari Blue Cross Blue Shield, Amerika Serikat. Sesuai anjurannya, Anda dapat mencampur kayu manis pada oatmeal, keju cottage, sereal atau yoghurt.

  1. Lidah buaya

Selain untuk bahan kosmetik, lidah buaya memiliki manfaat memperlampat perkembangan diabetes tipe 2. Anda dapat mencampur lidah buaya kedalam jus tanpa gula.

  1. Brokoli

Sayuran ini merupakan sayuran pengganti nasi putih, brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi juga merupakan karbohidrat kompleks non rafinasi. Mengkonsumsi brokoli dapat mengurangi rasa lapar bagi penderita diabetes. Brokoli juga mengandung zat sulphorapane yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Zat ini diklaim mampu menggantikan obat medis diabetes seperti metformin.

Obat alami ini tentunya mudah Anda temui dipasar , selain alami dan kaya manfaat, harganya juga sangat terjangkau. Anda dapat mengkonsumsi sehari-hari.