Info Otomotif Terkini

Pertanian

5 Masakan dari Toge ala Korea yang Bikin Sensasi Makan Lebih Berbeda

menanam toge

Toge merupakan sayur yang berasal dari kecambah kacang-kacangan dengan ciri warna putih sedikit kusam, toge sendiri adalah salah satu sayuran yang dipanen dengan umur pendek dan budidayanya dilakukan secara mudah.

Indonesia mengenal toge sebagai sayuran untuk beberapa tambahan komponen seperti bakso, soto, atau lumpia basah. Namun jika kamu ingin mengolah bahan makanan ala Korea, ternyata toge juga bisa menjadi santapan yang enak, berikut ini ada enam ide lauk pauk berbahan utama toge yang bisa kamu buat.

  1. Kongnamul-muchim

Kongnamul-muchim ialah sebuah hidangan pendamping yang senantiasa hadir dalam setiap kesempatan untuk makan di Korea. Sekilas, kongnamul-muchim tidak jauh berbeda dengan tumis toge yang berasal dari Indonesia, namun tentu mereka menggunakan bumbu-bumbu khas negaranya sebagai salah satu pelengkap dalam proses pengolahan.

Perbedaan paling mencolok antara tumis toge Indonesia dengan kongamul-muchim adalah beberapa pengolahan toge ini justru tidak melalui proses pemasakan alias disajikan mentah. Mungkin kalau di Indonesia, ini malah jatuhnya terkesan seperti lalapan ya.

Kongnamul-muchim dibuat dengan membersihkan toge dan mencampurkannya dengan bawang putih, kecap ikan, bubuk cabai, minyak wijen, serta biji wijen dan potongan daun bawang. Aduk sebentar sampai bumbu tercampur rata sebelum dihidangkan dalam piring.

  1. Kongnamul-bap

Kongnamul-bap adalah sajian nasi yang dimasak bersama toge, makanan ini tergolong ekonomis namun tetap nikmat disantap, sehingga meski lauk di rumah terbatas, nasinya sudah sangat enak dimakan dengan polosan.

Beberapa metode pemasakan kongnamul-bap di Korea biasanya menggunakan tambahan tumis daging agar nasi menjadi lebih berasa enaknya. Pemasakan bisa menggunakan kompor atau rice cooker, sementara itu yang perlu diperhatikan adalah peletakan beras berisi air yang sebaiknya ditaruh di paling bawah kemudian tambahkan daging yang sudah dimasak, baru toge di bagian paling atas.

  1. Kongnamul-guk

Kongnamul-guk adalah sup toge yang populer di negeri ginseng, hidangan ini kurang lebih mirip dengan sayur bening karena tidak menggunakan bahan-bahan yang mengubah warna atau konsentrasi kekentalan kuah seperti yang kerap di lakukan di Indonesia menggunakan santan.

Dalam pembuatan kongnamul-guk biasanya toge tidak sampai dibiarkan matang sekali, karena tekstur renyah dari toge lah yang biasanya mereka cari. Selain itu, komposisi kuah juga tetap kaya rasa meski warnanya bening. Hal ini disebabkan oleh campuran antara myulchi bokkeum, bawang putih, garam dan lada, serta daun bawang.

  1. Kongnamul-japchae

Japchae adalah hidangan Korea yang paling sering muncul di berbagai pembahasan makanan negeri ginseng selain kimchi, bibimpab, dan ramyun. Japchae sendiri merupakan olahan dari sohun berwarna kecoklatan yang dihidangkan menggunakan daging serta aneka ragam sayuran.

Salah satu jenis japchae yang tidak boleh kamu lewatkan sebagai pencinta makanan Korea adalah kongnamul-japchae, dalam hidangan japchae jenis ini, perbandingan sohun dan toge bisa menjadi sangat seimbang, jadi toge tidak berperan sebagai penambah rasa atau pajangan saja.

  1. Kongnamul-bulgogi

Kongnamul-bulgogi adalah hidangan campuran hasil persilangan antara bulgogi atau olahan sapi khas Korea dengan sayur toge. Kongnamul-bulgogi sendiri bukan hidangan tradisional melainkan inovasi terbaru dalam menyajikan daging agar tetap mempunyai tekstur yang beragam dan porsi ekstra untuk sayur-mayur.

Kongnamul-bulgogi ini biasa disebut juga dengan nama kongbul, proses pemasakannya pun kurang lebih sama dengan pengolahan bulgogi pada umumnya, hanya saja kamu perlu menambahkan toge supaya hidangan menjadi lebih nikmat.

Nah, itulah keenam hidangan inspiratif berbahan dasar toge ala masakan dari Korea Selatan yang bisa kamu tiru, kira-kira kamu tertarik untuk mengolah toge pada menu makanan di nomor berapa?

Untuk memperoleh toge segar yang berkualitas, caranya sangat mudah, Kamu bisa pesan buah toge secara Online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet. Selain toge ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.