Info Otomotif Terkini

Berita

BMW Menandatangani Kesepakatan Baterai $2,3 Miliar dengan Northvolt Swedia

BMW telah menandatangani kesepakatan pasokan € 2 miliar ($ 2,3 miliar) dengan produsen baterai Swedia Northvolt.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Northvolt akan memproduksi sel-sel baterai yang dibutuhkan oleh BMW menggunakan listrik terbarukan di pabrik baru di Swedia utara. Sel baterai pertama akan dikirim pada tahun 2024.

Dalam sebuah pernyataan, BMW mengkonfirmasi bahwa 100 persen energi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel baterai akan berasal dari tenaga angin dan tenaga air. Selain itu, kobalt dan lithium yang dibutuhkan akan bersumber dari tambang yang memenuhi standar keberlanjutan tinggi baik BMW dan Northvolt.

Baca Juga: 2021 BMW iX3 Terungkap Sebagai SUV Listrik Pertama Merek Dengan Jangkauan 285 Mil
Paket Baterai BMW iX3

Northvolt menjadi pemasok utama ketiga sel baterai BMW, bergabung dengan Samsung SDI Korea Selatan dan Teknologi Amperex Kontemporer China. Northvolt didirikan pada 2016 oleh dua mantan eksekutif Tesla dan BMW pertama kali menjalin kerja sama dengan perusahaan untuk mengembangkan sel baterai kembali pada pertengahan 2018.

“Menandatangani kontrak ini adalah langkah lain untuk memenuhi kebutuhan kami yang terus bertambah akan sel baterai dalam jangka panjang,” kata anggota Dewan Manajemen BMW AG yang bertanggung jawab atas Jaringan Pembelian dan Pemasok, Andreas Wendt, dalam sebuah pernyataan. “Kami secara sistematis menggerakkan elektrifikasi armada kendaraan kami. Pada tahun 2023, kami bertujuan untuk memiliki 25 model listrik di jalan – lebih dari setengah dari mereka sepenuhnya listrik. “

Northvolt mengumpulkan $ 1 miliar tahun lalu dari investasi yang mencakup BMW, Goldman Sachs, dan Grup Volkswagen untuk membangun pabrik sel baterai di Swedia utara, sementara berita tentang kesepakatan pasokan baterai ini datang hanya beberapa hari setelah BMW all-electric iX3 dibangun. diresmikan.

Leave a Reply