Info Otomotif Terkini

Bisnis

Penggunaan Dana Desa untuk Memenuhi Kebutuhan Air Irigasi

sistem irigasi

Dana Desa merupakan dana yang berasal dari APBN kemudian ditransfer ke APBD kabupaten serta kota. Dana ini dipergunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat.

Tentu saja tujuan utama dana ini ialah untuk memenuhi kebutuhan anggaran masyarakat, mengingat dana yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan semakin lama menjadi semakin meningkat.

Dari berbagai macam penggunaan dana ini, salah satu penggunaan dana ini ialah untuk memenuhi kebutuhan irigasi sawah di desa.

Pentingnya Irigasi Sawah di Desa

Irigasi atau pengairan adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk mendatangkan air dengan membuat saluran ke sawah serta ke ladang secara teratur. Jika hanya mengandalkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan irigasi, tentu saja akan kurang.

Dengan sistem irigasi yang tidak optimal, produksi padi menjadi tidak bisa terdorong, hingga akhirnya petani hanya dapat menanam padi di musim penghujan, itupun hanya 1 kali panen dalam setahun dengan produksi gabah yang begitu minim.

Tentu saja hal ini dapat membuat pasokan gabah menjadi semakin menipis. Memang, terkadang terdapat beberapa petani yang melakukan penggalian sumur, namun jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus setiap tahun, tentu akan membengkakan anggaran, hingga akhirnya petani tidak mendapatkan untung.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini ialah menggunakan dana desa agar dapat memenuhi kebutuhan air untuk irigasi sawah.

Penggunaan Dana Desa untuk Memenuhi Kebutuhan Air Irigasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dana desa digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, salah satu penggunaan dana desa adalah untuk kebutuhan air irigasi sawah.

Bila hanya membuat sumur yang hanya bisa digunakan untuk sekali dua kali pakai, dan bahkan belum bisa memenuhi kebutuhan irigasi, tentu sayang rasanya. Lebih-lebih jika pompa yang digunakan masih menggunakan diesel yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Akan lebih baik jika dana tersebut digunakan untuk membeli pompa air tenaga surya agar kebutuhan irigasi dapat terpenuhi.

Dengan menggunakan pompa air tenaga surya, kualitas produksi air bisa menjadi semakin meningkat, selain itu biaya yang harus dikeluarkan juga lebih kecil sehingga dana desa bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Perlu diketahui, pompa air tenaga surya tidak memerlukan saluran listrik, sehingga Anda tidak perlu cemas dengan kualitas serta ketersediaan daya di ladang. Setiap metode dari irigasi sesuai dengan pompa yang didesain dengan sistem.

Salah satu pompa air tenaga surya yang direkomendasikan adalah Sanspower. Sanspower sudah lama malang melintang membantu kebutuhan irigasi masyarakat. Pompa air yang tersedia juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan contohnya saja seperti LORENTZ PS2 yang cocok untuk memenuji kebutuhan irigasi serta pengelolaan kolam.

Jadi, pastikan dana desa yang Anda dapatkan digunakan dengan baik, ya. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan irigasi.