Info Otomotif Terkini

Komputer

Fungsi SUM pada Excel

Sebagai pelajar, guru, serta pekerja kantoran pasti sudah tidak asing menggunakan komputer atau laptop dalam keseharian. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pendukung yang memudahkan dalam mengerjakan tugas sekolah maupun tugas kantor. Kecanggihan program aplikasi ini sudah teruji dalam rentang waktu yang cukup lama sejak kemunculannya, dikarenakan aplikasi ini memiliki beberapa fungsi excel yang mempercepat kinerja para pelajar, guru, maupun staff perkantoran.

Fungsi excel sendiri tidak hanya sekedar memasukkan angka dalam kolom maupun baris. Permasalahan matematika dan variabel pun termasuk salah satu yang dapat diselesaikan dengan fungsi excel.

Di zaman yang serba maju ini kita dapat belajar Microsoft excel dengan sangat mudah secara offline maupun online. Kita dapat belajar salah satunya pada blog fungsiexcel.com, di blog ini banyak terdapat tutorial menggunakan excel, mulai dari tips awal memulai hingga rumus, dan fungsi excel.

Kali ini akan membahas salah satu fungsi excel yaitu fungsi SUM. Salah satu fungsi yang kita bahas adalah ungsi SUM. Fungsi SUM pada excel merupakan fungsi yang paling dasar dan paling mudah untuk dipelajari oleh para pengguna Microsoft Excel. Fungsi ini biasanya digunakan untuk melakukan proses trigonometri dalam excel atau bisa digunakan untuk aritmatika penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pada fungsi rumus SUM kali ini, akan dijumlakan keseluruhan benda. Berikut caranya.

Syntax: SUM(number1, [number2], [number3], [number4], … )

Misalnya:

  • =SUM (A2,A3)
  • =SUM (B2,B3,3)

Maksud dari sintaks diatas adalah =SUM(A2,A3) adalah untuk mencari hasil penjumlahan dari Nilai A2 ditambah dengan A3 atau bisa dikatakan bahwa A2 + A3 sedangkan rumus =SUM(B2,B3,3) adalah mencari hasil penjumlahan dari nilai B2 ditambah dengan B3 ditambah dengan 3 atau bisa dikatakan B2 + B3 + 3. Untuk lebih detailnya mari kita simak contoh dibawah ini.

Misalkan ada data seperti gambar dibawah ini.

Untuk mengetahui jumlah total keseluruhan pakaian seperti contoh data diatas, kita dapat menggunakan rumus fungsi SUM. Caranya adalah dengan kita meletakkan kursor pada bagian cell C13, ketikkan rumus SUM seperti ini, “SUM(C3:C11)’’ (tanpa petik). Hasilnya aka seperti gambar dibawah ini.

Setelah memasukkan fungsi SUM dengan benar akan muncul total keseluruhan dari jumlah total pakaian yaitu 149 pakaian.

Pada kenyataannya kita sering sekali mengalami kegagalan pada penggunaan rumus ini seperti terjadinya kegagalan dengan munculnya #Name? , Ketika terjadi hal tersebut janganlah merasa panik. Hal tersebut terjadi dikarenakan salah penulisan rumus ejaan pada kolom fungsi. Agar fungsi SUM bisa sesuai harus lebih teliti dalam penulisan sintaks. Sekian penjelasan tentang fungsi SUM pada pembelajaran Microsoft Excel. Semoga bermanfaat bagi kita semua yang masih baru memulai mempelajari excel lebih dalam.