Info Otomotif Terkini

Teknik

Saat Menyambungkan Pipa Menggunakan Metode Butt Fusion, Jangan Lakukan Ini!

Salah satu alat penyambung yang biasanya digunakan untuk menyambungkan pipa untuk saluran air di rumah adalah lem pipa Ruglue. Menggunakan lem produksi Rucik satu ini tentunya semakin memudahkan pekerjaan Anda saat menyambungkan karena tinggal menyambungkannya menggunakan lem. Namun, tak hanya lem, penyambungan pipa juga bisa memakai metode butt fusion.

Butt fusion atau dikenal dengan heat fusion merupakan teknik penyambungan pipa, yang memanfaatkan alat pemanas khusus sebagai media penyambungnya. Biasanya, bagian ujung pipa dibersihkan lalu dipanaskan menggunakan alat pemanas barulah kemudian ujungnya saling ditautkan satu sama lain. Meski terlihat sedikit sulit, akan tetapi teknik penyambungan pipa satu ini sangatlah akurat dan tidak akan membuat pipa lepas saat dipasang.

Meskipun demikian, saat melakukan penyambungan pipa, sebaiknya Anda tidak melakukan beberapa kesalahan berikut ini, misalnya:

  1. Menyambung pipa menggunakan SDR berbeda. Menyambung pipa dengan SDR berbeda, di mana rasio perbandingan antara ketebalan pipa dan diameter luar pipa tak sama antara yang satu dengan yang lainnya juga tidak diperbolehkan. Tak hanya menyulitkan penyambungan, melakukan ini dapat membuat pipa tidak tersambung dengan sempurna.
  2. Membiarkan peralatan basah. Membiarkan peralatan basah saat menyambungkan pipa menggunakan metode butt fusion tentu tak diperbolehkan. Hal ini karena penyambungannya memanfaatkan alat pemanas yang biasanya ada aliran listrik. Jika peralatan tersebut terkena alat pemanas tentu bisa membahayakan keselamatan Anda. Untuk itu, jangan sampai membiarkannya basah.
  3. Memberi izin orang yang tidak memiliki pengalaman dalam menyambung pipa. Sekalipun Anda tidak bisa memasang pipa menggunakan metode satu ini, tapi jangan pernah memberi izin keluarga maupun teman dekat yang tidak memiliki pengalaman menyambungkan pipa. Ditakutkan karena tidak memiliki pengalaman malah bisa membahayakan mereka dan pipa pun tidak akan bisa tersambung sempurna.
  4. Pemasangan tidak mengikuti prosedur. Pemasangan yang tidak mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan tentunya akan merugikan Anda. Anda bisa dalam bahaya dan penyambungan pipanya tidak akan selesai kapanpun. Untuk itu, saat melakukan menyambungkan pipa, pastikan mengikuti prosedur agar tidak menimbulkan masalah nantinya.

Nah, bukan hanya beberapa hal yang sudah dipaparkan di atas, Anda juga tidak disarankan melakukan ini, di antaranya:

  • Menggunakan generator dengan kapasitas yang tidak memadai.
  • Menyambung pipa dengan bahan dasar berbeda.
  • Memindahkan pipa sebelum selesai cooling time.
  • Menyentuh ujung pipa dengan sengaja.

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply