Info Otomotif Terkini

Internet

Amankah Menggunakan Link untuk Memperpendek URL?

Sekarang ini link untuk memperpendek URL banyak dijadikan sebagai pilihan ketika ingin membuat URL menjadi lebih singkat atau terlihat menarik. URL (Uniform Resource Locator) merupakan karakter tertentu yang digunakan untuk penunjuk alamat di internet.

Seringnya, URL ini memiliki bentuk yang disesuaikan dengan struktur dari website. Sebenarnya link yang digunakan untuk memperpendek URL ini merupakan hal yang wajar.

Sayangnya, untuk blogger pemula, tidak sedikit yang ragu, apakah memperpendek link dengan menggunakan URL benar-benar aman dilakukan.

Menggunakan Link untuk Memperpendek URL

Terkadang, salah satu ketakutan blogger ketika ingin membuat URL yang dimilikinya terlihat lebih pendek atau menarik adalah keliru dalam memilih link, sehingga malah membuat website terkena hack, terkena masalah tertentu atau justru terkena spamming.

Sebenarnya, aman atau tidak menggunakan link untuk memperpendek URL bergantung dari link yang Kamu gunakan untuk memperpendek URL tersebut. Jika link yang digunakan untuk memperpendek URL adalah link yang terpecaya, banyak digunakan oleh pengguna dan memiliki penggunaan yang wajar, menggunakan link guna memperpendek URL merupakan hal yang aman-aman saja.

Kamu harus mewaspadai jika link yang Kamu gunakan untuk memperpendek URL meminta Kamu untuk melakukan hal-hal yang mencurigakan seperti:

  1. Mengirim identitas pribadi sebagai bukti berlangganan

Biasanya, untuk berlangganan sebuah situs tertentu, kita hanya diminta mengisi email dan tidak diminta mengirim data pribadi seperti SIM dan KTP. Oleh sebab itu, jika Kamu menemukan link yang memintamu untuk mengirimkan sejumlah identitas pribadi, lebih baik Kamu mengurungkan niat untuk berlangganan atau mebggunakan link tersebut.

Lebih-lebih jika link meminta data diri dengan cara yang memaksa contohnya seperti “website Anda akan terhapus jika tidak melakukan konfirmasi data pribadi”. Hal-hal seperti ini yang biasanya ditakutkan oleh blogger pemula hingga akhirnya mengirimkan sejumlah data diri.

Padahal, bila menemukan tindak ancaman seperti ini, kamu cukup mengabaikannya, karena memperpendek URL tidak akan mempengaruhi terhapusnya website.

  1. Mengirim sejumlah uang yang tidak sesuai dengan manfaat yang diberikan

Sejumlah link atau website memang mengharuskan kita utuk membayar sejumlah biaya ketika ingin berlangganan. Namun tentu saja jumlah uang yang harus dibayar merupakan batas yang wajar.

Contohnya saja, untuk berlangganan selama 1 tahun, kamu hanya perlu membayar sebanyak 70 dollar. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang wajar dibandingkan dengan ratusan ribu dollar untuk berlangganan beberapa bulan saja.

Namun, sebelum kamu mengirimkan sejumlah uang untuk berlangganan fasiitas, pastikan kembali jika link tersebut merupakan link yang terjamin kredibilitasnya dan bukan merupakan link abal-abal.

  1. Meminta persetujuan untuk membagikan dokumen pribadi

Tidak sedikit orang yang hanya asal mengklik ketika dimintai persetujuan membuka dokumen pribadi bahkan membagikan dokumen pribadi di dalam perangkat.

Bila link yang kamu gunakan untuk memperpendek URL sampai meminta persetujuan tersebut, lebih baik kamu memilih link yang lain dan bisa diandalkan. Jangan sampai hanya karena takut tidak bisa memperpendek link, kamu memberikan persetujuan yang sangat penting.

Memilih link untuk memperpendek URL memang gampang-gampang susah, apalagi jika kita masih pemula dalam hal ini. Jika masih bingung memilih link yang tepat untuk memperpendek URL, shortbeast dapat dijadikan sebagai pilihan.

Shortbeast merupakan link untuk meperpendek URL yang terpecaya dan sudah banyak digunakan oleh blogger. Shortbeast akan memperpendek URL yang kamu miliki dengan aman. Sehingga kamu tidak perlu khawatir.