Info Otomotif Terkini

Teknologi

Menjaga Privasi Dan Keamanan Akun Whatsapp Pribadi

Sebagai salah satu aplikasi pengiriman pesan yang paling banyak digunakan di Indonesia, Anda mungkin sering khawatir dengan privasi aplikasi Whatsapp (WA) yang digunakan. Hal ini tentu wajar mengingat saat ini banyak kasus penipuan serta gangguan privasi lainnya.

Tips Mudah Menjaga Privasi Whatsapp

Untuk menghindari hal-hal yang bisa mengancam privasi tersebut maka tidak ada salahnya untuk meningkatkan keamanan dari akun WA tersebut. Agar privasi tetap terjamin berikut beberapa tips untuk melakukan pengaturan keamanan dan privasi yang bisa digunakan secara gratis.  

1.   Lakukan verifikasi 2 langkah

Verifikasi 2 langkah (two-way verification) akan memberikan perlindungan ekstra dari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini dikarenakan fitur verifikasi tersebut akan mengharuskan penggunanya untuk memasukkan kata sandi saat mengatur ulang atau memverifikasi akun tersebut.

Hal ini akan mencegah orang lain yang tidak dikenal untuk mengakses akun WA jika sewaktu-waktu smartphone yang digunakan hilang atau dicuri. Tidak hanya itu, verifikasi tersebut juga akan melindungi akun WA ketika nomor SIM yang digunakan rusak.

Cukup dengan menekan menu Account atau Akun yang ada di Pengaturan atau Setting maka Anda sudah bisa mengaktifkan fitur verifikasi tersebut.

2.   Privasi profil Anda

Pihak Whatsapp ternyata memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengontrol informasi apa saja yang ingin ditampilkan di akun tersebut. Anda juga bisa memilih siapa saja yang bisa melihat profil Anda untuk alasan keamanan. Anda bisa memilih akan membaginya ke semua orang (everyone) atau tidak kepada siapa pun (nobody).

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur fitur Last Seen, Profile Picture, About, dan Status untuk menjaga agar privasi Anda tetap terlindungi.

3.   Atur privasi Whatsapp Group

Tidak hanya obrolan pribadi, Anda juga bisa mengatur siapa saja yang bisa mengundang Anda ke grup WA tertentu. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari grup-grup tidak jelas dan sering memberikan notifikasi mengganggu.

Cara mengaktifkannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke Pengaturan atau Setting kemudian klik Akuna tau Account, pilih Privacy lalu klik Group . Pilih opsi yang sesuai dengan keinginan dari 3 opsi yaitu Kontak Saya Kecuali (My Contacts Except), Kontak Saya (My Contacts), dan Semua Orang (everyone).  

Perlu diingat jika opsi Kontak Saya (My Contacts) berarti Anda hanya mengizinkan pengguna dari daftar kontak saja yang bisa menambahkan Anda ke dalam grup. Sementara itu, opsi Kontak Saya Kecuali (My Contacts Except) membuat Anda bisa menentukan siapa saja kontak yang bisa menambahkan Anda ke grup.

4.   Menggunakan aplikasi Touch ID atau Face ID

Jika smartphone memiliki kedua fitur tersebut maka Anda bisa menggunakannya untuk memberikan proteksi lebih kepada akun WA pribadi. Dengan kedua fitur tersebut maka tidak ada orang selain pengguna yang bisa membuka akun WA di smartphone tersebut.

5.   Melakukan update teratur

Melakukan pembaruan atau update aplikasi secara berkala akan memberikan perlindungan lebih baik dari berbagai risiko keamanan. hal ini dikarenakan update akan menambal berbagai celah aplikasi yang bisa membahayakan perangkat Anda.

Biasanya update Whatsapp akan terjadi secara otomatis kecuali Anda mematikan fitur auto update sehingga mau tidak mau harus melakukan pembaruan secara manual.

Berikut beberapa tips mudah untuk menjaga privasi dan keamanan akun Whatsapp. Meski kurang disadari pengguna tanah air tetapi menjaga privasi akun sangatlah penting untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

https://goodbizid.com/