Info Otomotif Terkini

Bisnis

6 Hal Yang Wajib Anda Perhatikan Sebelum Beriklan Dengan Google Ads

Beriklan dengan Google Ads merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan jumlah traffic secara tertarget dalam waktu singkat, mesti tanpa mengoptimalkan SEO. Sehingga banyak penyedia jasa digital marketing seperti matabadai.com menggunakan layanan ini sebagai salah satu layanan andalan mereka. Bagi Anda yang tertarik menggunakan Google Ads sebagai sarana periklanan, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum beriklan menggunakan Google Ads, seperti berikut.

  1. Pahami Goals Iklan Anda

Sebelum beriklan, hal yang paling penting diperhatikan adalah memahami tujuan beriklan itu sendiri. Apakah Anda hanya ingin menargetkan brand awareness, atau fokus untuk penjualan?

  1. Buat perencanaan

Sebelum beriklan sebaiknya Anda buat perencaan agar iklan Anda berjalan sesuai goals yang ditentukan. Anda dapat menentukan produk apa yang ingin dijual, berapa anggaran yang harus dikeluarkan, serta siapa dan dimana lokasi audiens yang Anda targetkan. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan beberapa hal untuk menunjang iklan Anda seperti landing page atau website yang menarik, menggunakan Google Tag Manager dan Google Analytics pada website, serta memasang Tag Conversion.

  1. Perhatikan pemilihan kata kunci

Kata kunci merupakan hal yang paling krusial dalam beriklan Google Ads. Karena kata kunci akan menentukan biaya yang dikeluarkan serta menentukan keberhasilan kampanye iklan Anda. Ada baiknya Anda meriset kata kunci terlebih dahulu, dengan beberapa teknik seperti berikut:

Exact match

Iklan hanya muncul jika pengiklan memasukkan kata kunci yang spesifik.

Phrase match

Iklan sedikit lebih luas dari exact mate. Misalnya Anda membuat iklan dengan kata kunci “jasa ekspedisi”, dan seseorang mengetik kata kunci “jasa ekspedisi termurah”di pencarian Google, maka iklan Anda akan muncul di pencarian Google tersebut.

Broad match

Merupakan iklan dengan kata kunci luas, memungkinkan iklan tayang meskipun pengunjung mengetik kata kunci dengan ejaan yang salah.

Negative match

Anda dapat mengunci kata-kata yang tidak ada hubungannya dengan produk Anda iklankan.

  1. Manfaatkan Bidding

Anda dapat memanfaatkan fitur bidding dari Google Ads untuk menghemat anggaran dalam beriklan. Sebaiknya Anda menaikkan bid untuk meriset apakah kampanye iklan Anda relevan.

  1. Tingkatkan Quality Score
    Quality score merupakan skor penilaian yang diberikan oleh Google terhadap kata kunci yang digunakan. Semakin tinggi skor yang didapatkan maka akan semakin kecil biaya PPC yang Anda keluarkan, dan memungkinkan iklan Anda muncul diurutan paling atas di halaman pencarian.
  2. Tidak terburu-buru mengambil kesimpulan

Jika Anda beriklan di Google Ads janganlah Anda terburu-buru beranggapan iklan Anda tidak optimal, karena Google memiliki sistem learning phase yang mengharuskan mesin google mempelajariwaktu penayangan, target audiens, kampanye iklan Anda, dan sebagainya.