Info Otomotif Terkini

Unik

‘Sistem Bahan Pintar’ Lamborghini Membantu Mendinginkan Sian V12

Lamborghini Sián FKP 37 dan Sián Roadster yang dijalankan secara terbatas bukan hanya model Lamborghini pertama yang menggunakan super kapasitor inovatif, tetapi juga memiliki sistem pendingin yang menarik.

Dijuluki ‘Sistem Bahan Pintar’, ia dirancang untuk membantu mengekstraksi panas yang dihasilkan dari V12 6,5 liter dan terakumulasi di bawah penutup mesin. Apa yang membuatnya menarik adalah bahwa itu tidak dioperasikan secara elektronik dan sepenuhnya digerakkan sendiri.

Sistem ini terdiri dari dua pegas kecil yang terbuat dari paduan memori bentuk. Mata air ini memiliki memori termal yang berarti perubahan struktur kimia berdasarkan suhu. Ketika pegas mencapai suhu tertentu, mereka mendorong empat tutup kecil pada penutup mesin.

“Ini membantu menghemat berat karena tidak memerlukan aktuasi hidrolik, listrik, atau mekanis,” kepala aerodinamika Sián Coupe dan Roadster, Ugo Riccio, menjelaskan. “Sistem ini sepenuhnya otonom tanpa menggunakan elektronik.”

Pemimpin proyek Lamborghini Paolo Mazzelli menambahkan bahwa perusahaan berencana untuk menggunakan paduan memori bentuk untuk komponen kendaraan lain yang bergerak maju.

Baik FKP 37 Sián Coupe dan Sián Roadster digerakkan oleh V12 6.5 liter yang disedot secara alami yang bekerja berdampingan dengan motor listrik 34 hp yang dimasukkan ke dalam gearbox. Powertrain ini juga dilengkapi sistem 48-volt ringan-hibrida dan mendorong keluar 808 hp gabungan, memungkinkan duo mencapai 62 mph (100 km / jam) dalam waktu kurang dari 3,0 detik (2,8 detik untuk Coupe, 2,9 detik untuk Roadster ) dan mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 217 mph (350 km / jam).

Leave a Reply