Info Otomotif Terkini

Lifestyle

Tips Menyimpan dan Merawat Tas Wanita Agar Awet

Selain pakaian dan aksesoris, tas merupakan salah satu hal wajib dimiliki wanita untuk membawa perlengkapan sehari-hari ke mana pun mereka pergi dan dalam kesempatan apapun. Tak heran, banyak wanita yang memiliki tidak hanya satu tas untuk berbagai keperluan, dan untuk itu cara merawat dan menyimpan tas agar awet yang akan kita bahas berikut ini jadi sangat penting diketahui.

1. Cara menyimpan

Beberapa tas wanita saat dibeli memiliki pelindung khusus seperti plastik ataupun tas transparan yang tipis dan dimaksudkan agar tas tersebut tidak rusak, terjaga. Meski begitu, menyimpan tas tetap butuh perhatian khusus, Anda bisa menyimpan di tempat khusus dan sebaiknya tidak menumpuk dengan barang-barang lain agar bentuk tas tetap terjaga seperti pertama dibeli.

2. Cara membersihkan

Beberapa tas tertentu tidak memiliki ketahanan terhadap air sehingga Anda tidak boleh mencuci menggunakan air dan sabun cair. Untuk tas-tas seperti ini yang biasanya terbuat dari bahan kulit impor dan semacamnya, sebaliknya Anda membersihkan cukup dengan kain basah atau sikat kering sampai debu-debu atau kotoran yang menempel hilang seluruhnya.

3. Cara mencuci

Untuk tas-tas berbahan kain atau kanvas yang sangat mungkin dicuci, sebaiknya Anda juga memperhatikan cara mencucinya dengan baik, gunakan sikat lembut, air, dan sedikit saja sabun untuk membersihkan setiap bagian tas. Jangan lupa mengeluarkan semua isi tas terlebih dahulu sebelum dicuci dan sebaiknya Anda mencuci manual saja dengan tangan alias tanpa menggunakan mesin cuci.

4. Cara mengeringkan

Beberapa jenis tas akan lebih mudah kering jika diletakkan ke dalam pengering mesin cuci tetapi sebagian besar justru akan berubah bentuknya dengan cara seperti ini. Jadi untuk mengeringkan sebaiknya Anda gunakan sinar matahari tak langsung misal menjemur di teras rumah lalu letakkan tas dengan cara digantung dalam keadaan terbalik sampai benar-benar kering.

5. Cara menyetrika

Beberapa tas yang bisa bebas dicuci, dikeringkan dengan mesin cuci dan selanjutnya disetrika seperti tas kain tetap butuh perhatian khusus. Umumnya tas kain atau tas rajut yang sudah dicuci bersih akan berubah bentuknya dari sebelumnya dan agak kusut, meski begitu alangkah baiknya jika Anda menyetrika dengan melapisi kain dulu sebelum tas agar suhu tinggi dari setrika tidak merusak serat-serat benang wol.

6. Cara merawat

Tas-tas berbahan khusus yang tidak boleh dicuci dan hanya boleh disikat lembut seperti tas berbahan kulit asli tetap butuh perhatian lebih istimewa agar tetap terjaga sampai bertahun-tahun. Tas jenis ini rentan terhadap kelembaban jadi sebaiknya secara berkala Anda mengeluarkan tas dari tempat penyimpanan, lalu meletakkan di luar ruangan seperti teras untuk diangin-anginkan sambil dibersihkan dan dikeringkan jika ada bagian tas yang lembap atau kotor.

7. Cara membeli

Ya, cara terakhir ini pasti terasa kurang nyambung dengan keenam cara lainnya tetapi juga masuk ke dalam hal penting sebelum Anda bahkan memiliki tas. Sebaiknya belilah tas dari tempat terpercaya dan dari brand yang cukup punya nama agar tas Anda juga memiliki kualitas terbaik dan tentunya awet meski digunakan bertahun-tahun lamanya.

Itulah tadi ketujuh cara menyimpan dan merawat tas yang bisa Anda lakukan di rumah atau bisa dilakukan lewat jasa cuci kering professional dengan syarat Anda memberikan catatan penting sebelum meninggalkan tas. Jika saat ini Anda sedang mencari tas import model apa saja untuk berbagai keperluan, maka blibli.com adalah solusi yang tepat sebab di sana akan Anda temui ragam tas berkualitas dengan penawaran harga terbaik.