Info Otomotif Terkini

Teknologi

Mengenal VPS dan Rekomendasi VPS Indonesia Terbaik dari DomainEsia

Buat kamu yang sering berkutat dengan blog atau website, pasti pernah mendengar kata VPS yang merupakan singkatan dari Virtual Private Server. VPS adalah pilihan pertengahan antara Shared Hosting dan Dedicated Server.

Seperti namanya, VPS adalah server fisik yang dibagi resource-nya secara virtual. Hal ini berbeda dengan Shared Hosting yang resource-nya digunakan bersama oleh pengguna lain. Kelebihan dari VPS adalah setiap pengguna bisa dengan bebas memodifikasi server virtual yang dimilikinya.

Pengguna VPS bebas menginstall OS yang diinginkan seperti Ubuntu, Debian atau yang lainnya. Selain itu pengguna VPS juga diberikan hak akses root secara penuh. Selain itu VPS mendapatkan IP khusus yang tidak digunakan oleh website lain. Inilah kelebihan VPS secara umum.

DomainEsia adalah salah satu penyedia layanan VPS handal termurah di Indonesia. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 160.000/bulan dengan resource 1 GB RAM, 1 CPU Core dan 20 GB SSD. Untuk paket lainnya silakan lihat tabel.

Rp 160.000Rp 320.000Rp 640.000Rp 1.200.000
1 GB RAM2 GB RAM4 GB RAM8 GB RAM
1 CPU Core2 CPU Core4 CPU Core6 CPU Core
20 GB SSD40 GB SSD80 GB SSD160 GB SSD

Harga murah tidak selalu identik dengan kualitas layanan yang buruk. VPS dari DomainEsia menggunakan teknologi terkini untuk memenuhi kebutuhan pengguna VPS di Indonesia. Hadirnya VPS dengan datacenter berlokasi di Indonesia bisa menjadi pilihat tepat bagi pemilik website yang mayoritas pengunjungnya dari Indonesia. Hal ini bisa membuat website lebih cepat diakses pengunjung Indonesia daripada VPS yang berada di Singapura misalnya.

Spesifikasi dan Fitur VPS DomainEsia

Setiap Node VPS DomainEsia menggunakan Dual Intel Xeon E5 dengan RAM minimal 96 GB, sedangkan untuk penyimpanan datanya menggunakan SSD kelas Enterprise dengan konfigurasi RAID untuk performa tercepat. SSD dikenal memiliki performa cepat jauh melebihi HDD sehingga website bisa lebih cepat diakses oleh pengunjung.

VPS DomainEsia menggunakan virtualisasi KVM, sehingga setiap pengguna VPS bebas melakukan apa saja terhadap VPS mereka tanpa mempengaruhi pengguna lain yang berada di Node yang sama. Virtualisasi ini membuat pengguna bisa menginstall OS apa saja seperti Windows atau FreeBSD.

Tersedia pilihan sistem operasi yang populer seperti CentOS, Ubuntu dan Debian. Walaupun begitu Anda bisa menggunakan custom ISO sesuai kebutuhan. Salah satu kekurangan VPS adalah tidak ada control panel seperti pada Shared Hosting. Hal ini terkadang menjadi kendala bagi pengguna Shared Hosting yang ingin beralih ke VPS.

Pengguna memiliki akses penuh di VPS, jadi sebenarnya tidak masalah. Anda bisa menginstall control panel seperti cPanel, Plesk dan Webuzo untuk kemudahan mengelola hosting seperti di Shared Hosting. Bahkan saat ini ada banyak layanan control panel berbasis web seperti Runcloud atau ServerPilot.

VPS cocok untuk bisnis seperti toko online atau blog dengan traffic yang tinggi. VPS memiliki tingkat keamanan yang lebih baik daripada Shared Hosting. Hal ini penting karena setiap kunjungan ke website harus terbuka secara cepat. Website yang terlalu lama loading akan membuat pengunjung pergi.

Belum lagi masalah keamanan seperti deface atau hack di sebuah website yang pada umumnya sering terjadi pada website yang menggunakan Shared Hosting. Jika ini terjadi pada toko online atau website perusahaan tentu akan merugikan dan merusak reputasi. Inilah yang membuat VPS menjadi pilihan terbaik untuk website bisnis atau toko online, karena meskipun terjadi masalah di VPS lain tidak akan mempengaruhi VPS Anda.

Membeli VPS di DomainEsia sangat mudah dan cepat. Hanya dalam waktu 40 detik setelah menyelesaikan pembayaran, Anda bisa langsung menggunakan VPS. Metode pembayarannya pun mudah dengan pilihan bank BCA dan Mandiri. Untuk pembayaran instan tanpa konfirmasi bisa menggunakan kartu kredit, GoPay, OVO, Dana bahkan bisa melakukan pembayaran di Indomaret dan Alfamart.

Leave a Reply